8 Cara Mudah Merawat AC Mobil

Tidak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. AC yang terasa kurang dingin adalah kasus yang paling sering ditemui selain AC yang mengeluarkan bau tidak sedap atau apak. Masalah-masalah tersebut tentu akan cukup mengganggu apalagi jika kondisi cuaca yang sedang panas.

Oleh karena itu agar AC Anda tidak cepat rusak, ikuti 8 tips dari Bengkel ProQ untuk merawat AC mobil dibawah ini:

1. Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran dan juga tidak cepat kotor.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC (bentuknya mirip seperti radiator dan biasanya terletak di depan radiator). Kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
<< Dalam hal ini, HATI2 menyemprot air bertekanan ke kondensor, apabila hal ini dilakukan secara salah malah akan menyebabkan kerusakan kondensor tersebut (fin2 nya menjadi miring sehingga menutup alur pendinginan yang nantinya berakibat pendinginan oleh kondensor justru menjadi berkurang.

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Apabila memarkir mobil di tempat panas kabin mobil juga akan menjadi panas dan mengakibatkan butuhnya proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4. Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

5. Selalu memastikan extra fan atau ekstra kipas yang berada di depan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extra fan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

6. Hindari merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator. Selain itu nikotinnya dapat mengakibatkan komponen AC menjadi lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

7. Matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan. Seringkali kita lupa untuk mematikan AC terlebih dahulu. Hal ini berlaku sebaliknya, pastikan AC dalam kondisi mati ketika anda menghidupkan mesin mobil.

8. Yang paling PENTING lakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Pengecekan Cabin Filter setiap 3 bulan atau 5.000 km, pembersihan Evaporator setiap 6 bulan atau 10.000 km dan pengurasan dan penggantian oli kompresor (flushing) dan penggantian Filter Drier sebaiknya dilakukan setiap 20.000 km atau setahun sekali, serta Katup Ekspansi dan Magnetic Clutch setiap 80.000 km. Untuk hal ini kami Bengkel ProQ telah mempersiapkan teknisi yang terlatih dan peralatan lengkap dan mumpuni untuk melakukan perawatan maupun perbaikan AC kendaraan Anda.

Sebagai bengkel yang bekerja secara profesional dan berpengalaman dibidangnya, bengkel Proq terus berupaya memberikan hasil yang maksimal sehingga Anda dapat mempercayakan AC mobil Anda kepada kami.

Untuk Bengkel AC Mobil terbaik di Jakarta, Anda dapat menghubungi:
Bengkel ProQ
021 7883 2929
Jl. Taman Margasatwa No. 15 Jati Padang Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *