Evolusi AC Mobil

Berkendara di iklim tropis Indonesia tanpa AC mobil tentunya akan terasa sangat pengap dan panas. Namun, untunglah pada saat ini air conditioner (AC) atau pendingin udara sudah menjadi fitur standard pada kendaraan. Namun tahukah Anda cerita dibalik adanya fitur AC di dalam kendaraan Anda?

Sebelum adanya AC pada mobil, para pendahulu mencoba berbagai cara untuk membuat perjalanan dengan mobil menjadi nyaman. Pada tahun 1919, 33 tahun setelah paten pertama mobil dikeluarkan, para pelaku industry mobil menambahkan fitur Kool Kooshion yaitu dimana jok penumpang diberi per kecil sehingga memungkinkan adanya sirkulasi udara ketika mereka sedang duduk.

Lalu pada tahun 1921 ditambahkan kipas elektrik kecil pada limo sedan yang walaupun tidak mendinginkan udara, tapi berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara dan memberikan sedikit angin.

Tahun 1939, Packard menjadi produsen mobil pertama yang menawarkan AC. Namun, sistem pendingin tersebut terletak di bagasi, bukan di dasbor, dan Anda harus menginstal atau mengeluarkan sabuk pengaman dari kompresor AC secara manual untuk menghidupkan atau mematikan sistem. Namun sayangnya, karena biaya yang mahal dan adanya konsiderasi perang dunia kedua, mobil dengan pendingin udara ini tidak lagi diproduksi.

HIngga akhirnya, pendingin udara modern diperkenalkan pada tahun 1953 oleh Chrysler Imperial dengan kenop pada dasbor yang memungkinkan pengendara mengatur aliran udara menjadi rendah, medium dan tinggi. AC ini juga sudah memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat kelembaban, debu dan polusi udara.

Sistem HVAC (pemanasan, ventilasi, dan pendingin udara) pertama yang terintegrasi sepenuhnya diluncurkan perdana pada 1954. Pengalaman Nash-Kelvinator dengan sistem pendinginan memungkinkan mereka mengenalkan sistem pendingin udara otomotif yang compact, sangat fungsional, dan terjangkau.

Pada tahun 1970, lebih dari separuh mobil baru dilengkapi dengan AC. Dan hari ini, hanya 1% dari semua mobil baru yang tidak memiliki AC.

Dengan adanya AC mobil, saat ini berkendara terasa nyaman. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pengecekan dan perawatan AC mobil secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan pada AC mobil.

Sebagai bengkel yang bekerja secara profesional dan berpengalaman dibidangnya, bengkel Proq terus berupaya memberikan hasil yang maksimal sehingga Anda dapat mempercayakan AC mobil Anda kepada kami.

Untuk Bengkel AC Mobil terbaik di Jakarta, Anda dapat menghubungi:
Bengkel ProQ
021 7883 2929
Jl. Taman Margasatwa No. 15 Jati Padang Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *