Komponen Penting Pada AC Mobil Anda

AC atau air conditioner adalah sebuah komponen yang diaplikasikan pada mobil untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara mobil dengan cara mensirkulasikan udara, menyerap panas dan pengaturan suhu sehingga kelembaban udara dapat terjaga sesuai yang diinginkan oleh pengendara. Dalam system kerjanya, komponen-komponen AC yang berfungsi saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dengan refrigerant atau freon (gas pendingin) sebagai aliran sirkulasi itu sendiri. Aliran tersebut akan terus-menerus bersirkulasi selama mesin dihidupkan.

Pada AC mobil terdapat  komponen komponen utama dan pipa atau hose sebagai penyambung komponen tersebut. Berikut penjelasan komponen – komponen penting dalam AC mobil:

  • Kompressor

Kompresor adalah mesin pemompa refrigerant (freon) yang didalamnya terdapat piston atau sistem pengerak lainnya serta dua buah katup tiup dan hisap. Cara kerja dari komponen kompressor pada AC mobil yaitu menghisap gas refrigerant (freon) dari dalam evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur rendah kemudian diubah sehingga bertekanan dan bertemperatur tinggi dan disalurkan ke bagian komponen kondensor AC. Di dalam kompresor AC terkandung oli khusus yang berfungsi sebagai pelumas untuk memperlancar kinerja pada mesin kompresor. Oli kompresor yang terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC mobil Anda, untuk itu sebaiknya dilakukan pengecekan rutin.

Seiring dengan penggunaan atau apabila terdapat panas yang berlebih (overheat), maka kualitas oli di dalam kompresor akan menurun. Kualitas oli akan lebih menurun apabila terdapat kebocoran refrigerant (freon) atau terdapat refrigerant (freon) yang tidak murni. Untuk itu disarankan agar oli kompresor dikuras secara berkala, maksimum setiap 20.000 km atau setiap tahun.

Bengkel ProQ memiliki mesin flushing yang dapat menguras oli kompresor 100% dan mengganti dengan oli yang baru dengan spesifikasi dan jumlah yang tepat seperti disyaratkan oleh pabrikan pembuat mobil Anda.

  • Kondensor

Komponen ini berfungsi sebagai penyerap panas dan dari gas refrigerant (freon) yang telah melewati proses kerja dari kompresor dan mendinginkan serta mengubahnya menjadi cair. Oleh karenanya, kondensor umumnya diletakkan pada bagian depan sebelum radiator mesin, agar kondensor mendapat pendinginan maksimal oleh putaran kipas dan aliran udara saat mobil berjalan. Kerusakan pada kondensor menyebabkan AC mobil Anda menjadi tidak dingin karena kemampuannya mendinginkan (membuang panas) berkurang dan menyebabkan tekanan refrigerant (freon) naik.

  • Filter Dryer

Setelah melalui pendinginan, refrigerant (freon) akan melalui filter dryer untuk disaring dan dipastikan bahwa hanya refrigerant (freon) cair yang dikeluarkan sebelum masuk ke katup ekspansi. Dalam system AC mobil,  filter dryer juga berfungsi untuk menyaring semua kotoran-kotoran padat yang masuk kedalam AC. Oleh karena itu, disarankan bahwa sebaiknya filter dryer dibersihkan atau diganti dengan rutin, biasanya setelah mobil menempuh 20.000km perjalanan agar AC mobil Anda terhindar dari kerusakan.

  • Expansi

Fungsi dari katup ekspansi (expansion valve) ialah untuk mengubah refrigerant (freon) cair menjadi gas kembali dengan menyemprotkan refrigerant (freon) cair tersebut agar berubah menjadi gas dengan tekanan rendah. Fungsi lain dari katup ekspansi yaitu untuk mengatur banyaknya jumlah refrigerant (freon) yang dialirkan ke dalam evaporator yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, jarang ditemukan kerusakan pada katup ekspansi, kecuali macet oleh adanya kotoran dalam refrigerant (freon).

  • Evaporator

Proses terakhir terjadi pada komponen ini dimana gas refrigerant (freon) yang dikeluarkan oleh katup ekspansi disalurkan melalui Evaporator (cooling coil) sehingga terjadi pertukaran panas yang diserap oleh refrigerant dan hawa dingin yang dihembuskan oleh blower AC.

  • Filter Cabin.

Filter Cabin berfungsi untuk menyaring dan membersihkan udara yang dihisap oleh blower AC sebelum masuk ke Evaporator untuk didinginkan. Filter Cabin adalah satu komponen yang sangat vital untuk kesehatan pengguna kendaraan.

Ada dua jenis filter kabin atau filter ac yakni bahan Non Woven (fiber) dan Carbon Aktif (carbon)

  • Filter kabin Non woven (fiber) adalah Filter Kabin yang berfungsi menyaring debu, serbuk, bakteri dll.
  • Filter kabin carbon aktif (carbon) adalah Filter Kabin yang mengandung zeolite (carbone active) dan warna kertas abu kehitam – hitaman. Fungsinya sama dengan Filter Kabin Non Woven tetapi dengan adanya bahan zeolite, maka mempunyai kelebihan tambahan yaitu bisa menghilangkan bau dan menyaring partikel – partikel yang dapat menimbulkan alergi. Karena bahan utama dari filter kabin ini adalah kertas yang dapat dengan murah rusak seperti sobek dan koyak maka tidak dapat dibersihkan setelah penggunaan 10.000km. sehingga jika filter kabin sudah kotor maka harus diganti dengan yang baru.

Keuntungan Menggunakan Filter Kabin :

  • Evaporator lebih awet karena tidak terkontaminasi oleh debu
  • AC mobil terhindar dari bau-bau yang kurang sedap
  • Yang terpenting adalah kesehatan keluarga terjaga, karena menghirup udara segar setelah tersaring oleh filter kabin

Beberapa partikel kecil yang mampu diserap oleh filter kabin :

  • Debu
  • Polutan
  • Spora
  • Bakteri
  • Asap Rokok
  • Asap Kendaraan
  • Serbuk sisa-sisa makanan

Filter Cabin Biasa

Filter Cabin Carbon Aktif / anti bakteri

 

Sebagai bengkel yang bekerja secara profesional dan berpengalaman dibidangnya, bengkel Proq terus berupaya memberikan hasil yang maksimal sehingga Anda dapat mempercayakan AC mobil Anda kepada kami.

Untuk Bengkel AC Mobil terbaik di Jakarta, Anda dapat menghubungi:
Bengkel ProQ
021 7883 2929
Jl. Taman Margasatwa No. 15 Jati Padang Pasar Minggu, Jakarta Selatan

 

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *