AC mobil yang tidak dapat mengeluarkan udara sejuk tentu bisa membuat Anda frustasi. Anda mungkin merasa tergoda untuk melakukan pengencekan sendiri untuk mencari tahu apa penyebabnya. Tetapi sayangnya, AC mobil memiliki komponen dan sistem sangat yang kompleks, sehingga sangat sulit melakukan diagnosis tanpa bantuan teknisi ahli. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan membeberkan beberapa penyebab paling umum yang sering membuat AC mobil jadi tidak dingin. Berikut ulasannya.

 

Masalah Freon

Freon adalah zat pendingin pada mesin AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan udara yang panas sebelum dihembuskan kembali ke mobil Anda.

1. Freon Bocor

Untuk bisa beroperasi dengan baik, AC membutuhkan freon dalam jumlah tertentu. Karenanya kebocoran freon dapat membuat udara yang dikeluarkan AC menjadi tidak dingin. Kebocoran freon biasanya bisa disebabkan dari selang yang rusak atau sambungan yang longgar. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengganti bagian yang rusak dan mengisi ulang kembali sistem AC dengan jumlah freon yang cukup.

2. Freon Habis

Sering berjalannya waktu, freon pada mesin AC mobil Anda akan habis. Biasanya freon hanya berkurang sedikit demi sedikit, sehingga pada tahun-tahun pertama Anda mungkin tidak dapat menyadari perbedaannya, bahkan ketika suhu AC mobil Anda mulai turun hingga satu atau dua derajat. Namun ketika freon sudah banyak berkurang, Anda bisa merasakan bahwa AC mobil Anda telah kehilangan kesejukannya. Jika demikian, maka Anda perlu melakukan pengisian ulang freon kembali agar kinerja AC kembali optimal.

Kompresor Tidak Menyala

Kompresor adalah jantung pada sistem AC mobil Anda yang bertugas untuk mengompres freon agar dapat menghasilkan udara dingin. Namun jika kompresor tidak dapat berfungsi, tentunya ini akan mempengaruhi kinerja AC mobil Anda. Beberapa penyebab kompresor tidak menyala di antaranya adalah tingkat freon yang rendah, terjadinya masalah kelistrikan, atau mesin yang terlalu panas.

Baca Juga  Evaporator AC Mobil: Pengertian, Fungsi & Cara Membersihkannya

Kondensor Rusak atau Tersumbat

Fungsi utama kondensor adalah untuk mengubah gas freon menjadi cair. Tahapan ini merupakan bagian penting dalam pengolahan freon sebelum dapat diubah menjadi udara yang sejuk. Namun jika kondensor rusak atau tersumbat oleh serpihan kotoran, maka refigeran tidak bisa mengalir dan AC Anda tidak dapat mendinginkan udara di dalam mobil.

Masalah Kelistrikan

Masalah kelistrikan pada sistem mobil Anda bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak terasa sejuk. Ini dikarenakan beberapa bagian pada mesin AC mobil, termasuk kompresor, membutuhkan sumber listrik agar bisa beroperasi dengan normal. Namun ketika terjadi masalah kelistrikan seperti kabel putus, hal ini dapat menyebabkan mesin AC tidak dapat bekerja secara normal, sehingga produksi udara dari sistem AC pun ikut terganggu.

 

Itulah dia beberapa penyebab paling umum yang dapat membuat AC mobil Anda jadi tidak dingin. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menghubungi Bengkel Pro Q yang sudah berpengalaman untuk memperbaiki kerusakan pada AC Anda. Kendati demikian, untuk menghindari masalah serupa terjadi lagi, pastikan Anda selalu melakukan perawatan preventif dengan membawa mobil Anda ke tempat service AC mobil secara berkala.