Evaporator adalah komponen penting dalam setiap sistem pendingin udara, baik itu pada AC mobil maupun AC rumah. Tanpa adanya evaporator, AC tidak dapat menyerap panas di sekeliling Anda dan menggantinya dengan udara yang dingin. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu evaporator AC mobil, fungsi utamanya, serta bagaimana cara membersihkannya.

 

Pengertian Evaporator

Evaporator adalah radiator kecil di dalam dashboard yang memungkinkan sistem AC mobil Anda untuk memproduksi udara sejuk. Komponen ini disebut sebagai evaporator karena di sinilah tempat refigeran cair yang telah didinginkan menyerap suhu panas di sekeliling Anda untuk kemudian diubah menjadi uap dingin. Pada gilirannya, uap dingin inilah yang akan didistribusikan oleh kipas AC ke seluruh kabin mobil sehingga Anda bisa merasakan udara yang sejuk ketika berkendara.

 

Fungsi Evaporator

Fungsi utama evaporator adalah untuk memproduksi udara dingin ke seluruh kabin, itu sebabnya komponen ini seringkali disebut juga sebagai unit pendingin pada sistem AC mobil. Sederhananya, evaporator bekerja seperti layaknya lemari es. Pada mesin pendingin udara mobil, komponen ini berperan sebagai media untuk penampung refigeran cair yang telah diubah menjadi kabut atau uap dingin, yang nantinya akan dilepaskan ke seluruh kabin melalui kipas AC.

Itu sebabnya, ketika evaporator rusak, AC mobil Anda tidak dapat bekerja dengan baik dan akibatnya Anda akan merasakan panas di dalam kabin. Selain itu, evaporator yang rusak juga bisa menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau apek atau bau minyak. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu melakukan perawatan reguler dengan membersihkan evaporator AC mobil secara berkala.

 

Cara Membersihkan Evaporator

Untuk membersihkan evaporator, Anda bisa langsung membawa mobil Anda ke tempat servis AC mobil. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda membutuhkan beberapa perlengkepan seperti produk permbersih evaporator, obeng, kain lembut, sarung tangan, masker, kaca mata pelindung, botol spray berisi air bersih, dan kipas angin portable.

Baca Juga  Teknologi Terkini Bengkel ProQ

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membersihkan evaporator AC mobil.

  1. Ketahui letak evaporator: Lokasi evaporator bisa berbeda-beda pada setiap mobil. Sebagian besar jenis mobil biasanya memiliki evaporator yang terletak di bawah dashboard. Namun untuk mengetahui letak pastinya, Anda bisa membaca buku panduan yang diterbitkan oleh produsen mobil Anda.
  2. Cari inti evaporator: Jika Anda sudah mengetahui letaknya, ini saatnya bagi Anda untuk mencari inti evaporator yang biasanya ditempatkan di belakang kipas AC. Untuk menjangkaunya, Anda membutuhkan obeng guna melepaskan komponen yang menghalangi inti evaporator. Setelah inti evaporator ditemukan, gunakan sarung tangan, masker, dan kaca mata pelindung.
  3. Semprotkan produk pembersih: Semprotkan produk pembersih evaporator dan diamkan selama beberapa saat hingga busanya mencair. Jika busanya masih terbentuk, Anda perlu menunggunya sebentar lagi sampai busa tersebut berubah menjadi cair.
  4. Bilas menggunakan air: Setelah busanya menghilang, semprot inti evaporator dengan botol spray berisi air bersih, kemudian lap menggunakan kain lembut. Pastikan Anda tidak menyemprotkan terlalu banyak air karena hal ini dapat merusak komponen AC Anda.
  5. Keringkan dengan kipas portable: Jika evaporator Anda sudah selesai dibersihkan, langkah terakhir adalah mengeringkannya dengan kipas portable. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa inti evaporator sudah benar-benar kering.
  6. Tutup kembali inti evaporator: Proses pembersihan sudah selesai. Kini Anda sudah bisa menutup inti evaporator dan memasang komponen yang tadi dilepasakan agar kembali seperti sedia kala.

 

Sebagai komponen yang memiliki peran penting pada sistem AC mobil, evaporator perlu dirawat sebaik mungkin supaya kinerjanya tetap terjaga dan otimal. Namun, jika Anda merasa tugas ini cukup merepotkan, sebagai gantinya Anda bisa membawa mobil Anda ke tempat servis AC mobil dan teknisi servis akan membantu Anda untuk melakukan pemeliharaan reguler agar AC mobil Anda selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

Baca Juga  5 Komponen Utama AC Mobil Beserta Fungsinya