Duduk di dalam mobil dengan AC yang berbau apek tidak terasa lebih baik dibanding duduk di dalam mobil dengan suhu yang panas tanpa nyala AC. Memang tidak bisa dipungkiri, AC mobil yang bau bisa membuat suasana hati menjadi buruk. Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan AC mobil Anda berbau tidak enak? Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita lihat pada ulasan berikut ini.

 

Apa Penyebab AC Mobil Jadi Bau?

Pada dasarnya, sistem pendingin udara pada mobil Anda menyejukkan udara di dalam kabin melalui beberapa tahapan. Pertama-tama ketika AC baru dinyalakan, sebuah komponen bernama kompresor akan memompa freon berbentuk gas dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya, komponen lain bernama kondensor akan merubah freon tersebut ke bentuk cair sebelum kemudian melewati proses penyaringan melalui filter dryer. Lalu freon cair yang sudah disaring akan diubah oleh expansion valve ke dalam bentuk uap dingin yang sejuk untuk kemudian disitribusikan ke seluruh kabin mobil melalui evaporator dengan bantuan blower.

Nah, selama AC mobil aktif, kompresor akan terus memompa freon untuk diubah menjadi udara yang dingin. Seiring berjalannya waktu, proses tersebut dapat meninggalkan kelembaban dan menyisakan endapan air pada evaporator. Jika dibiarkan terus-menerus, pada akhirnya bakteri dan jamur akan tumbuh dan menyebarkan bau apek yang tidak sedap pada mobil Anda. Selain itu, penyebab lainnya AC mobil menjadi bau terkadang juga bisa dikarenakan filter dryer yang sudah kotor dan perlu diganti.

 

Bagaimana Cara Atasi AC Mobil yang Bau?

Selain membuat Anda jadi tidak nyaman, ada kekhawatiran jika menghirup udara dari AC mobil yang ditumbuhi oleh bakteri dan jamur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada saluran pernapasan. Oleh sebab itu, ketika Anda mulai mencium bau apek atau aroma tidak sedap lainnya dari AC mobil, itu merupakan tanda bagi Anda untuk segera membawanya ke tempat Service AC mobil ProQ.

Biasanya perawatan yang diberikan oleh teknisi servis sudah mencakup pengecekan reguler guna memastikan AC mobil Anda masih berfungsi dengan baik serta perawatan anti-bacterial untuk membersihkan bakteri dan jamur yang mengendap di evaporator. Selain itu, jika diperlukan mereka juga akan mengganti filter dryer yang sudah kotor agar udara yang dihasilkan dari AC kembali bersih, segar, dan terbebas dari bau tidak sedap.

Namun, perlu diingat bahwa perawatan tersebut sebaiknya tidak hanya dilakukan ketika AC mobil Anda sudah mengeluarkan bau apak saja. Demi menjaga fungsi AC tetap optimal dan mencegah aroma tidak menyenangkan muncul kembali, ada baiknya jika Anda selalu melakukan perawatan reguler secara berkala dengan membawa mobil Anda ke tempat service AC mobil paling tidak setiap setahun sekali.

 

AC mobil merupakan komponen penting yang akan mempengaruhi pengalaman berkendara Anda. Membiarkannya menjadi tempat bersarang bakteri dan jamur tidak hanya akan membuat udara di dalam mobil jadi berbau tidak sedap saja, tapi juga dapat menimbulkan masalah keseatan bagi sistem pernafasan Anda. Oleh karena itu, demi udara AC yang bersih, segar, dan bebas bau, pastikan Anda selalu melakukan perawatan AC mobil secara berkala.

Hubungi Kami

Bengkel ProQ
Alamat : Jl. Taman Margasatwa Raya No.15, RT.9/RW.5, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Telepon :  021 788 329 29